Wednesday 28 March 2012

Formasi Dalam Bola Basket

formasi bola basketpada dasarnya terdiri dari pola permainan yaitu pola bertahan atau menyerang sesuai dengna strategi yang digunakan oleh tiap tim. Dimana dalam formasi bola basket para pemain mempunyai peran masing – masing yang sesuai dengan fungsinya. Biasanya dalam sebuah tim bola basket terdapat 2 orang yang bertindak guard, 2 orang betindak sebagai forward dan 1 orang bertindak sebagai pemain center atau big man.
Dalam formasi bola basket pemain guard bertugas untuk menjaga garis pertahanan dan pemain forward brtugas untuk melakuakn serangan terhadap lawan. Sedangkan pemain center merupakan pemain kunci yang bertugas untuk menahan tembakan lawan dan melakukan rebound. Pemain center juga akan menjadi pusat operan bola ketika berada di daerah lawan. Dalam formasi bola basket dengan pola menyerang terdapat dua jenis pola penyerangan yaitu menyerang derah lawan atau menyerang pertahanan satu lawan satu. Formasi yang biasa digunakan dalam pola penyerangan ke daerah lawan adalah formasi dengan pola 1-3-1 atau 2-1-2.
Sedangkan untuk pola penyerangan terhadap perhatanan saru lawan satu biasanya menggunakan formasi dengan pola 2-3 ( post tunggal) atau 3-2 (pola rangkap).
Formasi bola basket dengan pola permianan bertahan juga terbagi menjadi dua pola bertahan satu lawan satu dan pola bertahan daerah. Contoh pola untuk formasi bola basket dengan teknik permainan bertahana adalah formasi dengan 2-2-1 atau 2-3. Terlepas dari formasi bola basket yang digunakan, pada dasarnya setiap tim bisa mengatur pola penyerangan untuk melumpuhkan perhanan tim lawan. Pola penyerangan yang bisa digunakan dalm permainan bola basket adalah dengan cara set offen, fast break, shuffele, double pivot offence, give and go weave dan pola penyerangan drive, driving.

No comments:

Post a Comment